Rabu, 06 Oktober 2010

Ikatan Muda-mudi Muslim Sijungkang Sedunia










Ikatan Muda-mudi Muslim Sijungkang Sedunia atau IMMSS merupakan wadah silaturrahmi para anak bangsa yang berasal dan mempunyai bonapasogit di Sijungkang dan sekitarnya. Mereka yang lahir di Sijungkang, mempunyai orang tua yang lahir di Sijungkang dan mempunyai silsilah keturunan nenek moyang yang lahir di Sijungkang dan sekitarnya dapat bergabung untuk menyambung jalinan sejarah kepada kampung halaman yang tercinta.

Sijungkang merupakan sebuah di desa Pusuk yang terletak di Parlilitan dan menjadi bagian dari Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Indonesia. Ada bannyak nama Sijungkang di sekitar wilayah ini, sehingga kawasan ini dikenal dengan nama Sijungkang Pusuk, Parlilitan.

Kecamatan Parlilitan berada di ketinggian 300-2000 meter Di atas Permukaan Laut (DPL). Sebelah Utara berbatasan langsung dengan Kabupaten Pakpak Bharat, sebelah Selatan dengan Kecamatan Tarabintang, sebelah Barat dengan Kabupaten Tapanuli Tengah, dan sebelah Timur dengan Kecamatan Doloksanggul.

Luas wilayah : 598,70 (km2)

Penduduk : 20.736 (jiwa)

(Data Oktober 2009)

Saat ini (Oktober 2009), Kecamatan Parlilitan terdiri dari 17 Desa yaitu:

1. Desa Sihotang Hasugian Tonga
2. Desa Sihotang Hasugian Dolok I
3. Desa Baringin
4. Desa Pusuk I
5. Desa Pusuk II, Simaninggir
6. Desa Sionom Hudon Selatan
7. Desa Sionom Hudon Toruan
8. Desa Sionom Hudon Tonga
9. Desa Sionom Hudon Julu
10. Desa Sionom Hudon Timur
11. Desa Sionom Hudon Utara
12. Desa Sionom Hudon VII
13. Desa Simataniari (dimekarkan dari Desa Sihotang Hasugian Simataniari yang sekarang menjadi Desa Sihas I)
14. Desa Sihotang Hasugian Habinsaran (dimekarkan dari Desa Sihotang Hasugian Tonga)
15. Desa Sihotang Hasugian Dolok II (adalah pemekaran dari Desa Sihotang Hasugian Dolok yang sekarang berubah nama menjadi Sihotang Hasugian Dolok I)
16. Desa Sionom Hudon Timur II (mekar dari Desa Sionom Hudon Timur)
17. Desa Sionom Hudon Sibulbulon (mekar dari Desa Sionom Hudon Utara).

Kecamatan Parlilitan memiliki Sumber Daya Alam potensial. Aek (sungai) Simonggo yang terletak di Desa Sionom Hudon Selatan adalah salah satu diantaranya. Saat ini sedang dilakukan pembangungan PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro) yang memanfaatkan aliran Aek Simonggo.

Bidang pariwisata, Parlilitan memiliki objek wisata seperti, Sejarah Markas Besar Raja Sisingamangaraja XII di Pearaja, Sejarah Makam Raja Sisingamangaraja XII di Sibulbulon. Terdapat juga wisata ”Ular Menjadi Batu” di Parduaan, Sejarah ”Manusia Menjadi Batu” di Desa Pusuk I.

Penghasilan utama masyarakat Parlilitan adalah sektor pertanian dan perkebunan. Hasil hutan yang sangat terkenal dari Parlilitan dan telah diusahakan secara turun-temurun oleh penduduk setempat adalah haminjon (kemenyan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar